PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) 2012

KETENTUAN UMUM
  1. PPDB menekankan bahwa kriteria penerimaan peserta didik berdasarkan   prestasi akademik peserta didik, bukan kemampuan orang tua untuk memberikan sumbangan kepada sekolah.
  2. PPDB baik pada saat penerimaan peserta didik baru maupun setelah penerimaan peserta didik baru, tidak melakukan penarikan sumbangan secara berlebihan sehingga dapat menimbulkan kesan kemampuan orang tua membayar lebih menentukan penerimaan peserta didik daripada prestasi akademik peserta didik.
  3. PPDB pada tahun pelajaran 2012/2013 tidak ada pengisian kekosongan kecuali untuk sekolah yang calon pendatarnya kurang dari kuota yang ditetapkan dan atas persetujuan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan.
  4. PPDB setiap sekolah wajib menerima 20% dari daya tampung yang ada untuk siswa miskin serta siswa berprestasi di bidang akademik maupun non akademik dengan persetujuan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan.
  5. PPDB untuk kuota dari luar Kota Tangerang Selatan paling besar 5% (lima persen) dari daya tampung masing-masing sekolah, kecuali bagi sekolah tertentu yang diperkenankan untuk menerima calon pendaftar dari luar daerah Kota Tangerang Selatan lebih besar dari 5% (lima persen) dengan mengajukan permohonan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan.

PPD dalam penyelenggaraannya harus disosialisasikan/disebarluaskan oleh kepala sekolah secara luas dan diberitakan pada berbagai media informasi baik cetak maupun non cetak, termasuk melalui situs internet.

JADWAL KEGIATAN PPDB

  •  Satuan Pendidikan SMA
No. Jenis Kegiatan Waktu Kegiatan
1. Sosialisasi Mei s.d. 30 Juni 2012
2. Pendaftaran calon peserta didik baru 2 s.d. 5 Juli 2012
3. Pengambilan Kartu Tanda Peserta PPDB 2 s.d. 5 Juli 2012
4. Pengumuman calon peserta didik yang diterima 9 Juli 2012
5. Daftar ulang 10 s.d. 14 Juli 2012
6. Laporan hasil daftar ulang dari sekolah 14 Juli 2012
KUOTA 20%

 Berdasarkan Petunjuk Teknis dari kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2012/2013, maka setiap sekolah Kota Tangerang Selatan berkewajiban melakukan sosialisasi mengenai PPDB 2012.

Peserta Didik Baru di setiap SMA Negeri dalam Kota Tangerang Selatan dilakukan dengan teknik dan mekanisme yang sama dengan SMA Negeri lain di dalam kota Tangerang Selatan dengan melalui media internet secara real time.

Waktu pelaksanaan PPDB Tangsel 2012 adalah 2 sd. 5 Juli 2012, tiap pendaftar calon peserta didik baru melakukan pendaftarannya sendiri menggunakan PIN yang dibagikan di SMP/Mts masing-masing sebelumnya. Bagi pendaftar dari luar daerah kota Tangerang Selatan mendapatkan PIN di kantor DInas Pendidikan Kota Tangerang Selatan sekaligus mengurus surat rekomendasi sebagai peserta dari luar daerah.

Pada PPDB tahun ini terdapat kuota yang berbeda untuk pendaftar dari dalam dan luar kota Tangsel. Kuota ditentukan berdasarkan ketersediaan dan kesiapan SMA Negeri setelah diajukan ke Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan. Dari jumlah kuota tersebut, 20% dari kuota di sediakan untuk pendaftar miskin dan berprestasi. Dari 80% kuota setiap SMA Negeri, 5% adalah disediakan untuk pendaftar dari SMP/Mts luar daerah Tangerang Selatan.

Adapun maksud dari kuota 20% untuk siswa miskin dan berprestasi di bidang akademik maupun non akademik adalah sebagai berikut:

  • Calon peserta didik baru yang memenuhi kriteria, dapat langsung mendaftar ke sekolah yang dituju selama masa pendaftaran PPDB dengan syarat-syarat sebagai berikut:
    • Surat Keterangan dari SMP/Mts asal
    • SKHUN Asli dan Salinan Ijazah yang telah dilegalisir
    • Surat Keterangan Miskin dari Kelurahan/RT/RW untuk calon siswa dari keluarga miskin
    • Surat keterangan / Sertifikat / Piagam / ket. lain berprestasi minimal tingkat Kabupaten/Kota yang dikeuarkan oleh lembaga yang berwenang untuk calon peserta didik baru di bidang akademik maupun non akademik
  • Waktu pengumuman diterima bersamaan dengan pengumuman PPDB on line, yaitu tanggal 9 Juli 2012
PRINSIP PELAKSANAAN

Prinsip pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru selanjutnya disebut PPDB atau di masyarakat lebih dikenal dengan nama PSB di lingkungan Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dilaksanakan dengan maksud meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pendidikan, sehingga dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan di Kota Tangerang Selatan.

PRINSIP PELAKSANAAN

Pelaksanaan penyelenggaraan PPDB agar berlangsung tertib, maka prinsip-prinsip penyelenggaraannya sebagai berikut :

  1. PPDB harus memenuhi ketentuan yang diatur dalam Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013.
  2. PPDB dalam pelaksanaannya dapat dipertanggungjawabkan baik persiapan, prosedur, maupun hasilnya.
  3. PPDB harus berazaskan :
    A. Obyektivitas artinya bahwa penerimaan peserta didik baru harus memenuhi ketentuan yang diatur dalam juknis ini;
    B. Transparansi artinya bahwa pelaksanaan penerimaan peserta didik bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik, untuk menghindarkan penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi;
     C. Akuntabilitas artinya bahwa penerimaan peserta didik dapat dipertanggungjawabkan baik prosedur maupun hasilnya;
     D. Tidak diskriminatif artinya bahwa setiap anak usia sekolah dapat memperoleh pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa membedakan suku, daerah asal, agama dan golongan;
     E. Tidak ada penolakan artinya bahwa dalam penerimaan peserta didik baru tidak ada penolakan, kecuali daya tampung sekolah terbatas, waktu penerimaan peserta didik baru sudah selesai, dan tidak memiliki persyaratan yang telah ditentukan.
  4. PPDB mencegah praktek pungutan liar, suap/gratifikasi, calo dan praktek negatif lainnya.
SISTEM DAN TEKNIK PENERIMAAN
  •  SATUAN PENDIDIKAN SMA
    1. SMP/MTs mendapatkan PIN dan Password dari Panitia PPDB tingkat Kota Tangerang Selatan.
    2. Calon peserta didik SMA yang berasal dari SMP/MTs. Kota Tangerang Selatan memperoleh PIN dan Password  dari sekolah masing-masing.
    3. Setelah mendapatkan PIN dan Password calon peserta PPDB melaksanakan pendaftaran dengan mengisi form pendafataran PPDB, baik pendaftaran perorangan atau kolektif melalui situs internet.
    4. Calon peserta PPDB mengeluarkan (print out) form pendaftaran PPDB untuk ditandatangani oleh calon peserta dan orang tua yang bersangkutan dan diserahkan ke Rayon PPDB SMA. Adapun rayon PPDB SMA di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan sebagai berikut :
  • Rayon A, bertempat di SMAN 7 Kota Tangerang Selatan untuk Calon Peserta Didik yang Pilihan I nya SMAN 7 atau SMAN 12 Kota Tangerang Selatan.
  • Rayon B, bertempat di SMAN 6 Kota Tangerang Selatan untuk Calon Peserta Didik yang Pilihan I nya SMAN 6 atau SMAN 9 Kota Tangerang Selatan.
  • Rayon C, bertempat di SMAN 4 Kota Tangerang Selatan untuk Calon Peserta Didik yang Pilihan I nya SMAN 1 atau SMAN 4 atau SMAN 8 Kota Tangerang Selatan
  • Rayon D, bertempat di SMAN 5 Kota Tangerang Selatan untuk Calon Peserta Didik yang Pilihan I nya SMAN 5 atau SMAN 10 atau SMAN 11 Kota Tangerang Selatan.
  1. Calon peserta didik baru SMA berhak menentukan 3 (tiga) pilihan sekolah negeri, pilihan I dan II harus sekolah negeri yang berada di rayon tempat penyerahan Form Pendafataran PPDB dan pilihan III nya harus sekolah yang berada di luar rayon pilihan.
  2. Pada saat penyerahan form pendaftaran PPDB yang sudah ditandatangani, baik pendaftaran perorangan atau kolektif ke Rayon Pilihan, agar membawa :

1)      Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir

2)      SKHUN ASLI

  1. Panitia dan Tim Admin PPDB Rayon menvalidasi form pendaftaran serta berkas kelengkapannya. Jika hasil validasi benar, maka tim Admin PPDB rayon mengeluarkan (print out) form validasi yang akan diserahkan kepada calon peserta didik panitia rayon PPDB.
  2. Waktu penyerahan form pendaftaran dan form validasi calon peserta PPDB di masing-masing rayon jam 08.00 s.d. 14.00 WIB;
  3. Form Validasi calon peserta PPDB SMA tidak boleh hilang, karena jika diterima menjadi peserta didik baru di suatu sekolah digunakan pada saat daftar ulang.
  4. Calon Peserta Didik dari luar Kota Tangerang Selatan sebelum  pendaftaran harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, dan dapat mengambil PIN dan password dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan.
  5. Rayon SMA PPDB melakukan dan melaksanakan :

1)      Menerima dan memvalidasi Form Pendafataran PPDB, Fotokopi ijazah, SKHUN ASLI.

2)      Setelah validasi berkas calon peserta panitia rayon menyerahkan ke Admin PPDB Rayon.

3)      Admin PPDB Rayon menerima hasil validasi dan mengonlinekan ke Pusat Data PPDB Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, melalui  situs  internet.

4)      Setelah data benar Admin PPDB Rayon mengeluarkan Form Validasi Calon Peserta PPDB dan diserahkan ke Panitia Rayon.

5)      Panitia rayon memberikan hasil print out Form Validasi ke calon peserta didik baru.

  1. Seleksi penerimaan pada jenjang SMA dilakukan berdasarkan Jumlah Nilai Hasil UN, dan apabila pada saat kelulusan jumlahnya sama, akan diperingkat berdasarkan nilai masing-masing mata pelajaran dengan urutan Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan IPA;
  2. Pendaftaran tahap ke-II akan dilaksanakan, jika kuota suatu sekolah tidak terpenuhi setelah mendapat rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, dengan mekenisme seleksi sama seperti pendafataran tahap ke-I.
  3. Pengolahan data jumlah nilai UN dan seleksi dilaksanakan oleh Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, baik pendaftaran tahap ke-I maupun pendaftaran tahap ke-II.
  4. Calon peserta didik yang sudah diterima di tahap ke-I dilarang melakukan pendaftaran tahap ke-II di SMA lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan.
  5. Calon peserta didik baru berhak mencabut pendaftaran selama masa pendaftaran dan yang bersangkutan dianggap tidak ikut (dicoret) dari proses PPDB SMA Kota Tangerang Selatan.
  6. Calon peserta didik yang tidak menyerahkan form pendaftaran PPDB dan kelengkapannya ke Rayon (tidak mendapatkan form validasi), dianggap tidak ikut dalam proses Pendaftaran PPDB SMA di Kota Tangerang Selatan, walaupun yang bersangkutan mengisi Form Pendaftaran PPDB.
PERSYARATAN PPDB SMA

1.Calon Peserta Didik SMA :

  1. Fotokopi Ijazah SMP/MTs/Program Paket B ;
  2. SKHUN Asli SMP/MTs atau Daftar Nilai Ujian Persamaan Tamat SMP atau Daftar Nilai Penilaian Hasil Belajar Tahap Akhir (PEHABTANAS) Program Paket B;
  3. Berusia setinggi-tingginya 21 tahun per 16 Juli 2012 dan belum menikah;
  4. Calon peserta didik yang memiliki DN-UN tahun sebelumnya atau peserta didik yang memiliki Ijazah/STTB/SKYBS tetapi tidak memiliki DN-UN dapat diterima sepanjang daya tampung sekolah yang bersangkutan memungkinkan;
  5. Bagi calon peserta didik yang berasal dari luar Kota Tangerang Selatan dapat mendaftar ke SMA di Kota Tangerang Selatan setelah memperoleh Rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan.

sumber : http://ppdb2012.disdik-tangsel.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s